5 Hal Pokok yang Harus Diperjuangkan oleh Politikus Katolik Menurut Paus Fransiskus

Politikus Katolik Menurut Paus Fransiskus

Katolikline.com – Politikus Katolik menurut Paus Fransiskus adalah sosok yang punya peran penting dalam mengusahakan kesejahteraan masyarakat. Bagi Bapa Paus, politik mesti mengarah pada usaha menyelamatkan manusia dan dunia.

Hal ini ditegaskan Paus Fransiskus ketika merefleksikan tentang perjalanan dan pelayanan Gereja sepanjang tahun 2019, seperti dilansir dari catholic.org.

Refleksi politik Paus Fransiskus ini kiranya sangat mengena dengan kondisi Indonesia dimana kita sedang berjalan menuju puncak politik nasional yakni pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dan legislatif.

Dalam beberapa bulan ke depan, ada di antara umat Katolik yang akan terjun ke dalam politik praktis, entah sebagai calon legislatif atau inisiator politik lainnya.

Maka, politikus Katolik menurut Paus Fransiskus harus memperjuangkan 5 hal pokok ini.

Mengusahakan perdamaian

Bapa Suci mengibaratkan perdamaian seperti bunga halus yang berjuang untuk berkembang di tanah berbatu dan keras.

Artinya, perdamaian antar sesama manusia sedang berjuang keras untuk tetap tumbuh dalam kondisi politik kita yang sedang carut-marut ini. Maka tugas seorang politikus adalah memperjuangkannya dan memberi tempat yang cukup agar perdamian itu bisa tumbuh.

Bentuk pelayanan

Politik, kata Paus Fransiskus, adalah sarana penting untuk membangun komunitas manusia dan institusi. Ini hal penting yang mesti disadari betul oleh para politikus Katolik. Jangan sampai nuansa pelayanan ini malah kabur.

“Jika kehidupan politik tidak dilihat sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat secara keseluruhan, maka ia akan berubah menjadi sarana penindasan, marginalisasi dan bahkan kehancuran.”

Retas kemiskinan

Salah satu tujuan politik adalah meretas kemiskinan. Jangan pernah mengabaikan kaum miskin yang terpinggirkan. Apalagi mengasingkan mereka ke pinggiran masyarakat, dan bahkan membiarkan jutaan dari mereka mati setiap tahun.

Hindari rasisme

Politik yang baik adalah politik yang meminimalisir atau malah meniadakan rasisme. Seorang politikus Katolik menurut Paus Fransiskus adalah mereka yang menghindarkan diri dan masyarakat dari isu-isu rasisme.

Menerima para migran

Paus Fransiskus mengecam terapan politik yang mengesampingkan para migran. Menurutnya, politikus yang baik adalah mereka yang menerima dan memberi tempat yang layak bagi para migrant.

“Pidato politik yang cenderung menyalahkan setiap kejahatan terhadap migran dan merampas harapan orang miskin tidak dapat diterima.”

“Saat ini adakebutuhan yang mendesak untuk menegaskan kembali bahwa perdamaian didasarkan pada penghormatan terhadap setiap orang, apa pun latar belakangnya.”

Inilah 5 hal pokok yang harus diingat dan dipegang teguh oleh seorang politikus Katolik menurut Paus Fransiskus.

Silakan bagikan artikel ini agar menginspirasi kita semua dalam menyikapi tahun politik yang sedang kita jalani.

2,535 total views, 2 views today

Bagikan Ke Temanmu Sekarang!

Leave a Reply

Top