Ini Cara Mengatasi Kekeringan Rohani yang Bisa Kamu Praktikan

cara mengatasi kekeringan rohani

Katolikline.com – Dalam menghayati hidup rohani, hidup doa, kadang kala kita merasa kering atau hambar. Hal ini bisa membuat kita menjadi enggan untuk berdoa. Bahkan berhenti berdoa.

Bila pun kita berdoa, doa kemudian hanya menjadi sekadar rutinitas yang mengisi hari-hari yang kita jalani. Namun, kita tak merasakan keintiman dengan Tuhan. Dan kita pun merasa semakin jauh dari Tuhan.

Apa yang harus kita lakukan? Ini cara mengatasi kekeringan rohani dari St Fransiskus de Sales:

# Ceritakan kepada Tuhan kekeringan yang kamu alami

Kekeringan rohani merupakan hal yang wajar dialami siapa saja. Salah satu cara mengatasi kekeringan rohani yakni dengan menceritakan apa yang kamu alami dan rasakan kepada Tuhan.

Mohonlah rahmat dan pertolongan-Nya agar Dia membimbing dan menunjukkan jalan kepadamu. Biarlah Dia yang memberi penghiburan atas kekeringan rohanimu.

# Baca buku rohani

Cara mengatasi kekeringan rohani yang lain adalah dengan membaca buku-buku rohani dan Kitab Suci. Membaca dan menghayati isi buku rohani atau Kitab Suci bisa membantumu untuk menenangkan pikiran dan hati.

Pilihlah buku atau ayat Alkitab yang menurutmu bisa menginspirasi dan menenangkan hati dan pikiranmu sehingga semakin dekat dengan Tuhan. Kamu bisa menimba inspirasi dari buku rohani dan Kitab Suci saat mengalami kekeringan rohani.

# Lakukan gerakan tubuh saat berdoa

Melakukan gerakan tubuh saat berdoa juga bisa menjadi tips mengatasi kekeringan rohani. Misalnya kamu bisa berdoa sambil bersujud, mengatupkan tangan di depan dada atau juga mencium Salib.

Kamu bisa memilih gerakan tubuh yang mendukungmu dalam berdoa. Masing-masing orang tentu memiliki pilihan berbeda dalam sikap doanya.

# Bertekun dalam iman dan terus berdoa

Ketika kekeringan rohani melanda, jangan biarkan dirimu menjadi semakin jauh dari Tuhan. Tetap bertekunlah dalam iman dan terus berdoa.

Berjuanglah untuk mengatasi kekeringan rohani yang kamu alami. Dan jangan pernah berhenti berdoa. Percayalah Tuhan tak pernah meninggalkanmu dalam situasi apa pun. Dia akan memberikan penghiburan kepadamu tepat pada waktunya.

Itulah tips mengatasi kekeringan rohani yang bisa kamu praktikan. Semoga ini bermanfaat dan kita semakin bertekun dalam iman dan doa, serta makin dekat dengan-Nya.

903 total views, 5 views today

Bagikan Ke Temanmu Sekarang!

Leave a Reply

Top