Ini Makna Doa Kemuliaan Bagi Umat Katolik, Doa Singkat yang Sering Kita Abaikan

Makna Doa Kemuliaan Bagi Umat Katolik

Katolikline.com – Kita sering mendoakan doa Kemuliaan. Tapi mungkin terkadang kita lupa atau belum tahu makna doa Kemuliaan bagi umat Katolik. Doa ini sangat singkat tapi punya makna dan pesan yang sangat besar.

Doa Kemuliaan adalah sebuah doa pendek yang lebih sering kita jumpai atau ucapkan ketika kita berdoa Rosario. Selain itu, dalam doa-doa pribadi juga kita sering menggunakan doa kemuliaan ini.

Namun terkesan pendek, sering kita ucapkan begitu saja tanpa berusaha untuk memahami apa makna doa Kemuliaan bagi Umat katolik.

Nah, berikut ini kita coba melihat makna dan pesan iman yang ada dalam doa Kemuliaan bagi kita umat Katolik.

Doa Kemuliaan

Kemuliaan kepada Bapa dan Putra dan Roh Kudus, seperti pada permulaan, sekarang, selalu dan sepanjang segala abad. (Amin.)

Doa “Kemuliaan” merupakan sebuah doksologi, sebuah madah pujian singkat kepada Allah yang kita temui dalam doa-doa katolik.

Doa ini juga disebut sebagai doksologi kecil untuk membedakannya dengan doksologi besar, yaitu “Madah Kemuliaan” seperti terdapat dalam Tata Perayaan Ekaristi (“Gloria in Exlecesis Deo”).

Doksologi orang Kristen paling awal ditujukan kepada Allah Bapa sendiri, atau kepada-Nya “melalui” Putra-Nya, atau kepada Bapa dan Roh Kudus dengan Putra, atau kepada Putra dengan Bapa dan Roh Kudus.

Tradisi doksologi berasal dari Sinagoga Yahudi. St. Paulus sering menggunakannya doksologi yang sama (doa “Kemuliaan”) di dalam surat-suratnya.

Sebagai contoh ia mengalamatkan kepada “satu-satunya Allah yang penuh hikmat, oleh Yesus Kristus: segala kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin” dalam kesimpulan suratnya kepada jemaat di Roma (Rm.16:27).

Doksologi Trinitarian yang dialamatkan dengan cara sejajar kepada tiga pribadi Trinitaris, dipersatukan dengan kata, seperti dalam formula baptisan (Mat.28:10), menjadi umum pada Konsili Nicea, dan tersebar luas dengan edik Tesalonika (380).

Dalam ritus Katolik, doa Kemuliaan sering dinyanyikan atau didaraskan dalam Liturgi Ibadat Harian atau Offisi Ilahi, terutama pada akhir Mazmur dan Kidung dan Lagu Singkat (resposories).

Dilihat dari susunan kata-katanya sendiri, doa Kemuliaan ini mempunya makna pujian. Artinya, ketika kita mendaraskan doa Kemuliaan ini, kita mengangkat hati untuk memuji dan memuliakan Allah Tritunggal Maha Kudus.

Karena itu, makna doa Kemuliaan bagi umat Katolik yang utama adalah pujian. Kita memuji Allah Bapa, Putera, dan Roh Kudus di tempat-Nya yang maha tinggi.

Kita memuji Allah Tritunggal karena kebesaran karya agungnya atas hidup kita. Maka, doa Kemuliaan tersebut, meskipun sangat singkat, namun punya makna yang sangat mendalam bagi kita. Karena dalam doa singkat itulah kita merangkum pujian kita kepada Allah.

3,095 total views, 20 views today

Bagikan Ke Temanmu Sekarang!

Leave a Reply

Top