Sebelum Membasuh Kaki Para Tahanan, Paus Fransiskus Berterima Kasih Kepada Mereka. Ada Apa?

Membasuh Kaki Para Tahanan

Katolikline.com – Paus Fransiskus membasuh kaki para tahanan saat Misa Kamis Putih di Roma kemarin. Seperti biasa, Paus Fransiskus memilih merayakan perayaan Perjamuan Malam terakhir bersama para tahanan.

Kamis siang waktu setempat, Paus meninggalkan kediamannya dan berangkat menuju penjara Velletri yang terletak bagian selatan Kota Roma.

Di penjara dengan pengamanan kelas menengah itu, Bapa Suci merayakan Misa Kamis Putih bersama para tahanan.

Mengenang pembasuhan kaki yang pernah dilakukan oleh Yesus kepada para murid-Nya, Paus Fransiskus membasuh kaki dua belas tahanan yang ada di dalam penjara itu.

Peristiwa yang menjadi unik pada siang itu adalah Paus Fransiskus mengucapkan terima kasih kepada para tahanan karena menerima dia di penjara itu dan mau merayakan Kamis Putih bersamanya.

Paus juga mengatakan bahwa ia sudah menerima surat yang sangat indah dari para tahanan itu sebelumnya, dan hari itu mereka bersama-sama merayakan Kamis Putih.

Dalam kotbahnya, seperti dilansir dari Vaticannews.va (Jumat, 19/4/2019), Paus Fransiskus mengatakan bahwa apa yang dilakukan Yesus pada perjamuan terakhir adalah tindakan yang biasanya dilakukan seorang budak.

“Dia, Tuhan yang memiliki semua kekuatan dalam diri-Nya, melakukan gerakan seorang budak. Yesus kemudian memberi tahu para murid-Nya untuk melakukan hal yang sama bagi satu sama lain dalam pelayanan,” ujar Paus Fransiskus.

“Jadilah saudara dalam pelayanan: bukan dalam ambisi tetapi dalam pelayanan. Kita masing-masingharus melayani sesama kita.”

Usai membagikan renungannya, Paus Fransiskus menanggalkan jubahnya dan mulai membasuh kaki para tahanan. Tak hanya itu, ia juga mencium kaki mereka satu per satu usai membasuh kaki mereka.

Ada 12 tahanan yang kakinya dibasuh, seperti yang dilakukan oleh Yesus kepada keduabelas murid-Nya. Dari keduabelas tahanan itu berasal dari empat negara yang berbeda-beda. Sembilan orang berasal dari Italia, dan masing-masing satu dari Brasil, satu Pantai Gading, dan satu lagi dari Maroko.

Tahun ini merupakan kali kelima Paus Fransiskus merayakan Misa Kamis Putih bersama para tahanan di penjara. Empat tahun sebelumnya, secara berutut-turut Paus Fransiskus merayakan Misa Kamis Putih di penjara Casal del Marmo, Rebibbia, Paliano, dan Regina Coeli.

Apa yang dilakukan oleh Paus Fransiskus tersebut adalah contoh nyata bagaimana seharusnya kita saling melayani. Semoga kita tidak lelah untuk berbagi kasih kepada sesama kita, terlebih bagi mereka yang sangat membutuhkan uluran tangan kita.

635 total views, 2 views today

Bagikan Ke Temanmu Sekarang!

Leave a Reply

Top