Atasi Kekurangan Penduduk, Pemerintah Italia Kasih Tanah Gratis untuk Keluarga Beranak Tiga

Pemerintah Italia Beri Tanah Gragis untuk Keluarga

Katolikline.com – Pemerintah Italia mengalami kekurangan penduduk. Angka kelahiran di negara dengan mayoritas Katolik itu sedang sangat rendah. Karena itu, pemerintah Italia kasih tanah gratis untuk keluarga yang memiliki tiga anak.

Rencana pemerintah Italia tersebut akan direalisasikan pada 2021. Partai sayap kanan di Italia mencoba mengatasi dua masalah utama di negara itu sekaligus yakni meningkatkan populasi penduduk dan mempertahankan tanah milik negara itu.

Italia sedang menghadapi masalah serius dengan pertumbuhan penduduk. Sejak 2008, negara dimana kota Vatikan terletak itu menghadapi masalah serius soal pertumbuhan penduduk. Di tahun itu, angka kelahiran Italia tercatat ada di angka 9,8 kelahiran per 1.000 penduduk.

Setiap tahun, angka tersebut terus menurun. Dan penurunan itu cukup signifikan. Sehingga pada 2017, tingkat kelahiran di Italia tercatat pada 7,6 kelahiran per 1.000 penduduk. Hanya sekitar 464.000 bayi baru yang terdaftar pada tahun 2017.

Penurunan angka kelahiran ini menempatkan Italia sebagai negara dengan pertumbuhan penduduk terendah di Eropa. Sedangkan setiap tahun kematian terus terjadi. Imbas lanjutnya adalah mulai banyak tanah di negara itu yang tidak berpenghuni.

Karena itu, pemerintah mengambil inisiatif untuk memberikan tanah gratis kepada keluarga yang memiliki anak lebih dari dua. Artinya, anak ketiga dalam sebuah keluarga akan mendapatkan tanah untuk tempat tinggal.

Menteri Pertanian Italia Gian Marco Centinaio mengatakan, bantuan tersebut akan dikerahkan di daerah-daerah pedesaan dimana keluarga-keluarga masih memiliki lebih dari dua anak.

BACA:
Kebijakan Baru Untuk Mereka Yang Mau Menikah, Pesan Gereja Setahun Sebelumnya
Kamu Suka Bergosip Ya? Paus Fransiskus Mengecam Gosip Dan Orang Yang Melakukannya

Bantuan ini diberi nama “Tanah untuk Anak”. Program pertama-tama akan dialamatkan kepada pasangan yang sudah menikah secara Gereja dan sipil. Setiap orang asing yang ingin mengambil bagian dalam bantuan tersebut harus menjadi penduduk setidaknya selama 10 tahun.

Keluarga yang mendapatkan bantuan ini akan diberi hak milik atas tanah tersebut selama 20 tahun. Ya semacam pinjaman begitu.

Sejauh ini, Italia tercatat sebagai negara yang memiliki 1,2 juta hektar lahan pertanian, yang bernilai sekitar 10 miliar euro.

317 total views, 3 views today

Bagikan Ke Temanmu Sekarang!

Leave a Reply

Top