Penjelasan tentang Polemik ‘Paus Fransiskus Tidak Mau Cincinnya Dicium Saat Bersalaman’

Mencium Cincin Paus Fransiskus

Katolikline.com – Belum lama ini terjadi polemik di media sosial tentang sikap yang mengindikasikan bahwa Paus Fransiskus tidak mau cincinnya dicium saat ia bersalaman dengan umat.

Polemik ini muncul setelah beredar video yang memperlihatkan bahwa Paus Fransiskus sengaja menarik tangannya saat bersalaman, ketika orang-orang mau mencium cincin kepausannya.

Dalam video ini terlihat dengan sangat jelas bahwa Paus Fransiskus tidak mau cincinnya dicium saat orang-orang datang bersalaman dengannya.

Sebagian umat Katolik bereaksi dengan keras terhadap peristiwa ini. Mereka mengecam Paus Fransiskus karena ia tidak mau cincin kepausannya dicium saat bersalaman. Orang-orang menilai, Paus Fransiskus sudah menyalahi tradisi.

Mereka juga menilai bahwa mencium cincin Paus saat bersalaman merupakan tradisi umat Katolik yang sudah berlangsung bertahun-tahun lamanya. Umat Katolik percaya bahwa cincin yang dikenakan oleh Paus membawa rahmat tersendiri bagi orang yang mendapat kesempatan untuk menciumnya.

Mencium cincin Paus – juga Uskup – merupakan tradisi Katolik yang sudah berlangsung ribuan tahun lamanya.

Mengingat polemik ini makin ramai dibicarakan, pihak Vatikan mencoba untuk mengklarifikasi atau mencoba menjelaskan alasan di balik peristiwa tersebut.

Seorang juru bicara Vatikan, Alessandro Gisotti menjelaskan alasan Paus Fransiskus tidak mau cincinnya dicium saat bersalaman dengan umat.

Dilansir dari catholicherald.co.uk, (Senin, 1/4/2019), Alessandro Gisotti menjelaskan bahwa Paus Fransiskus sengaja menarik tangan saat cincinnya mau dicium karena alasan kebersihan.

“Saya sudah berbicara kepada Bapa Suci dan dia memberitahu saya bahwa motivasinya sangat sederhana: kebersihan. Dia ingin menghindari risiko penularan bagi orang-orang, bukan untuknya,” kata Gisotti.

Dia menambahkan, Paus Fransiskus menjelaskan bahwa bila hanya bersalaman dengan umat dalam kelompok kecil (terbatas), ia tidak masalah. Namun kalau bersalaman dengan orang yang sangat banyak, ia khawatir virus atau penyakit bisa menular melalui cincinnya.

Bagaimana tidak, semua orang mencium cincin Paus dan kita tidak tahu apakah di antara kita memang benar-benar sehat dan tidak sedang mengalami sakit atau terinfeksi virus tertentu.

Gisotti juga menegaskan bahwa Paus Fransiskus tidak mau cincinnya dicium saat bersalaman bukan karena ia tidak mau dekat dengan umat. Ia sangat mencintai umat Katolik dan hal itu terlihat setiap kali ia berjumpa dengan siapa pun.

“Anda semua tahu bahwa Paus sangat senang saat bertemu dan merangkul orang-orang, dan dan berpelukan dengan siapa pun,” kata Gisotti kepada wartawan.

Hanya saja, ketika orang-orang bergantian mencium cincinnya, ia khawatir cincin tersebut malah jadi perantara untuk penularan virus atau penyakit.

Nah, ini alasan dari Paus Fransiskus. Bagaimana pendapat teman-teman? Silakan tulisan tanggapan atau komentar Anda di kolom komentar ya….!

Ini sebuah video yang dipublikasikan oleh Guardian News.

956 total views, 1 views today

Bagikan Ke Temanmu Sekarang!

Leave a Reply

Top