Renungan Harian 16 Desember 2018: Dalam Dirimu Ada Sukacita? Bagi Pakaian dan Makananmu!

Renungan Harian 16 Desember 2018

Katolikline.com – Minggu Ketiga Adven disebut juga Gaudete yang berarti sukacita. Khusus pada Minggu ketiga ini kita diajak untuk bersukacita. Namun sukacita yang dimaksud adalah ‘bagi pakaian dan makananmu’.

Perintah ini terungkap jelas dalam perikop yang kita renungkan pada hari ini. “Barangsiapa mempunyai dua helai baju, hendaklah ia membaginya dengan yang tidak punya, dan barangsiapa mempunyai makanan, hendaklah ia berbuat juga demikian” (Luk 3:11).

Perintah ini berasal dari Yohanes Pembaptis dari padang gurun yang menyerukan pertobatan untuk menyiapkan diri menyambut kelahiran Yesus Kristus.

Sangat menarik bahwa pada Minggu Sukacita ini kita justru diberi bacaan berbeda. Diceritakan bahwa banyak orang datang bertanya kepada Yohanes Pembaptis, apa yang mereka bisa perbuat sebagai persiapan untuk menyambut Yesus.

Para penanya dibagi ke dalam tiga kelompok yakni orang banyak, para pemungut cukai, dan para prajurit. Perintah bagi pakaian dan makananmu adalah jawaban untuk penanya dari kelompok orang banyak.

Sementara untuk pertanyaan dari para pemungut cukai, Yohanes Pambaptis menjawab, “Jangan menagih lebih banyak dari pada yang telah ditentukan bagimu.”

Dan jawaban untuk pertanyaan para prajurit: “Jangan merampas dan jangan memeras dan cukupkanlah dirimu dengan gajimu.”

Saya kira ketiga kelompok tersebut mewakili kita semua. Mungkin kita adalah orang banyak, seorang pemungut cukai, atau juga seorang prajurit. Dan pesan pertobatan itu menyentuh setiap profesi dan status sosial kita.

Sebagai seorang “bos kantor” kita diminta berlaku adil dan jangan merampas hak karyawan kita. Sebagai seorang pelayan publik kita diwajibkan untuk tidak meminta bayaran melebihi ketentuan yang berlaku.

Itulah model-model persiapan kita untuk menyambut kedatangan Yesus. Perintah ‘bagi pakaian dan makananmu’ sekiranya mempunyai pesan untuk berbagi dengan mereka yang membutuhkan karena di situlah sumber sukacita seorang Kristiani.

Doa singkat:

Sampaikan doa permohonan Anda …

Bapa, terkadang kami sangat sulit untuk berbagi dengan orang lain, apalagi harus membagi barang-barang yang kami sukai. Tapi hari ini, melalui seruan Yohanes Pembaptis, Engkau mengajari kami untuk membagi pakaian dan makanan.

Yesus, sekiranya itu adalah sumber sukacita sejati, kuatkan hati kami. Utuslah Roh Kudus yang bisa meneguhkan hati kami untuk melepaskan diri dari ikatan materi duniawi karena kami adalah milikmu seutuhnya. Amin.

313 total views, 1 views today

Bagikan Ke Temanmu Sekarang!

Leave a Reply

Top