Renungan Harian Katolik: Apakah Hidup Saya Berguna? Oh My God …

Apakah Hidup Saya Berguna

Katolikline.com – Pertanyaan pembuka untuk permenungan kita hari ini adalah apakah hidup saya berguna? Pertanyaan ini berasal dari bacaan Injil hari ini yakni Mrk 9:41-50.

Dalam bacaan tersebut Yesus mengajarkan agar semua anggota tubuh kita dapat mengantar pada keselamatan. Maka ketika salah satu di antaranya menghalangi keselamatan ia harus dipotong atau dicungkil.

Sabda Yesus ini terbilang salah satu Sabda Yesus paling keras dalam ajaran-ajaran-Nya. Tersirat bahwa Yesus menghendaki agar kita masuk ke dalam kerajaan-Nya dalam keadaan bersih.

Jika mata, kaki atau tangan membuat kita terhalang untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah maka jangan sungkan untuk menanggalkannya.

Dengan demikian, kita dapat bertanya lebih jauh kepada diri sendiri, apakah hidup saya berguna? Berguna dalam arti bahwa kita memanfaatkan semua anggota tubuh dan seluruh hidup yang kita miliki untuk bekerja keras agar bisa masuk dalam Kerajaan Allah tersebut.

Kita perlu memeriksa batin secara mendalam, berefleksi dengan cermat dan mengamati dengan penuh jujur perjalanan hidup kita selama ini. Bila yang kita jalani selama ini belum berarti apa-apa, segeralah berubah.

Oh my God kita sudah menerima rahmat yang sangat berlimpah dari Tuhan dan orang-orang terkasih di sekitar kita, tapi kita masih saja berpaling dari-Nya. Kita lebih peduli pada kesenangan-kesenangan kita dan abai dari panggilan-Nya.

Bahwa dengan dibaptis dan setelahnya kita dipanggil untuk mencapai kekudusan hidup dalam pekerjaan dan keseharian kita masing-masing. Dengan demikian kita menjadikan hidup kita berguna bagi orang lain.

Sebab tidak mungkin seseorang yang hidupnya sesuai dengan ajaran Yesus mengabaikan dimensi sosial. Iman selalu berdimensi vertikal dan sosial. Dimensi vertikal dari iman mengantar kita untuk semakin terarah kepada Tuhan.

Sementara dimensi horizontal dari iman menggiring kita untuk keluar dan bertemu dengan mereka yang membutuhkan bantuan di sekitar tempat tinggal atau dalam perjalanan kita.

“Apakah hidup saya berguna?” Mari kita menjawabnya dalam dan dari kita sendiri!

Doa singkat

(Sampaikan ujub pribadi)

Tuhan, kami bersyukur kepada-Mu untuk semua rahmat yang kami terima berupa fisik yang lengkap, pikiran yang jernih, dan cita-cita yang mulia. Hari ini saya ingin berbuat baik kepada salah satu anggota keluarga atau teman saya.

Saya ingin hidup saya hari ini benar-benar berguna bagi orang lain. Berilah Roh Kudus-Mu agar hati saya selalu bernyala untuk mewartakan kasih-Mu melalui kesaksian hidup saya. Amin.

659 total views, 3 views today

Bagikan Ke Temanmu Sekarang!

Leave a Reply

Top