Renungan Harian Katolik: Jadilah Pelita di Situasi Indonesia Saat Ini

Jadilah Pelita

Katolikline.com – Kita sedang dalam masa persiapan menyambut pesta demokrasi lima tahunan, yakni pesta Pemilu. Bersamaan dengan itu, sebagai orang Katolik kita juga sedang merayakan pesta puasa dan pesta pantang.

Sengaja saya menyebut puasa dan pantang sebagai pesta karena Yesus sendiri menghendaki agar kita tidak sedih, apalagi bermuka muram ketika sedang berpuasa atau berpatang.

Laku tobat yang kita jalankan di masa Prapaskah tersebut harus tetap membuat wajah dan hati kita diliputi oleh kegembiraan.

Hari ini, kita diminta untuk merenungkan bacaan Injil yang diambil dari Yoh. 5:31-47. Dalam bacaan tersebut Yesus mengajak kita untuk menjadi pelita. Kita hendaknya menyediakan terang dalam kegelapan.

Kita ditugaskan membawa penghiburan dan damai dimana ada ketegangan. Kita diminta membawa harapan ke tengah orang-orang yang mengalami hilang harapan.

Selain menjalani masa tobat, kita sedang berada dalam masa kampanye. Di luar sana orang-orang berdebat, bahkan mencaci, demi menunjukan kepada orang lain bahwa pihak yang ia dukung yang lebih baik.

Situasi ini tak mungkin terhindarkan sebab setiap orang menghendaki orang yang ia dukung bisa memenangi pertarungan, entah di level Presiden dan Wakil Presiden, DPR mulai dari pusat hingga daerah, maupun para senator atau DPD.

Dalam kondisi inilah kita diminta untuk menjadi terang, menjadi pelita yang meski barcahaya kecil namun tetap ada untuk menerangi. Kita hadir untuk memberi sedikit harapan bahwa di tengah pusaran situasi tak menentu seperti sekarang, masih ada harapan. Masih ada kegembiraan dan sukacita.

Karena hanya dengan itu kita dapat mencerminkan kasih yang ada dalam hati kita masing-masing. Injil bilang, hatimu yang selalu bernyala dan dinyalakan oleh kasih, pertanda Kristus hadir di sana.

Maka mari kita bergandengan tangan, satukan pelita kita masing-masing untuk turut menyumbang terang dan harapan di tengah situasi kita sekarang. Inilah salah satu bukti konkrit kita mempersiapkan diri menyambut Paskah, hari datangnya terang yang sesungguhnya itu.

Doa pribadi

(Sampaikan ujud pribadi)

Ya Roh Kudus, nyalakanlah pelita kasih dalam hati kami sepanjang hari ini agar kami bisa membawa terang di hati orang-orang yang kami jumpai hari ini. Dalam setiap perjumpaan, semoga jiwa kami selalu bernyala untuk memancarkan kasih Kristus yang bersemayam dalam diri kami. Amin.

255 total views, 3 views today

Bagikan Ke Temanmu Sekarang!

Leave a Reply

Top