Lima Ratu dan Putri Raja Ini Menjadi Orang Kudus

Katolikline.com – Sepanjang sejarah, sejumlah ratu dan putri raja memiliki kehidupan religius yang taat. Mereka menghidupi nilai-nilai kristiani dan mengandalkan Yesus Kristus dalam kehidupannya. Doa dan terang Injil menjadi kekuatan yang mereka andalkan.

Lima ratu dan putri raja ini menjadi orang kudus. Mereka mau membantu dan melayani orang lain, terutama orang-orang miskin dan sakit.

1. St Helena dari Konstatinopel

 

santo santa st helena dari konstatinopel
(Foto: katakombe.org)

St Helena dari Kostatinopel adalah salah satu ratu yang menjadi orang kudus. Helena merupakan istri kaisar Romawi Konstantinus Klorus dan ibu dari Kaisar Konstantinus Agung.

Helena dikenal sebagai sosok yang kuat dalam doa, termasuk mendoakan putranya Kaisar Konstatinung Agung yang kemudian dibaptis. Dia juga dikenal sebagai orang yang ramah kepada para tawanan, tentara, dan orang-orang miskin.

St Helena melakukan perjalanan ziarah ke tempat-tempat suci di Palestina. Dia mengunjungi situs-situs bersejarah yang berhubungan dengan Yesus, mulai dari tempat kelahiran, hidup, karya Yesus hingga menemukan tempat penyaliban dan Salib Suci Yesus. Dalam peziarahannya itu, St Helena menemukan relik suci dan membangun beberapa gereja, termasuk gereja yang sekarang disebut Church of the Nativity Bethlehem.

2. St Margaretha dari Skotlandia

 

st margaretha dari skotlandia orang kudus katolik
(Foto: catholic.org)

St Margaretha dari Skotlandia merupakan seorang Putri Kerajaan Inggris, cucu dari Raja Edmund Ironside. Ia menjadi ratu Skotlandia selama abad ke-11. Ia dan suaminya memiliki hidup doa yang baik dan berusaha untuk meneladani Yesus dalam hidup mereka.

Mereka memperhatikan rakyat dan membagikan makanan kepada para yatim-piatu dan orang miskin. Ratu Margaretha melayani mereka dan mencuci kaki orang miskin. Ia dan suaminya juga mendirikan gereja-gereja. Ratu Margaretha sendiri yang menyulam sebagian jubah-jubah liturgi para imam.

Margaretha wafat pada 16 November 1093. Santa Margaretha dari Skotlandia dikanonisasi pada tahun 1250 oleh Paus Innosensius IV.

3. St Margaretha dari Hungaria

putri raja menjadi santo santa st margaretha dari hungaria
(Foto: commons.wikimedia.org)

Putri Raja yang menjadi orang kudus adalah St Margaretha dari Hungaria. Ia adalah putri Raja Bela IV dari Hungaria. Ia menjadi biarawati Dominikan dan memilih tugas terendah di biara. Dia melayani orang lain dengan baik. Dia juga dikenal melakukan matiraga dengan keras.

St Margaretha dari Hungaria meninggal pada 18 Januari 1271 di Budapest. Pada 28 Juli 28 Juli 1789 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius VI dan pada 19 November 1943 dikanonisasi oleh Paus Pius XII.

4. St Jadwiga dari Polandia

st jadwiga dari polandia riwayat santo santa
(Foto: culture.pl)

St Jadwiga dari Polandia atau dikenal juga dengan St Hedwig dari Polandia termasuk ratu yang menjadi orang kudus. Jadwiga menjadi raja perempuan pertama di Polandia selama adab ke-14.

Meski menjadi seorang penguasa, dia mengikuti Misa setiap hari dan memiliki kehidupan doa yang dalam. St Jadwiga dari Polandia juga merupakan advokat bagi orang miskin. Ia dikanonisasi pada 8 Juni 1997 oleh Paus Yohanes Paulus II.

5. St Elizabeth dari Portugal

 

st elisabeth dari portugal nama baptis katolik
(Foto: nl.wikipedia.org)

St Elizabeth dari Portugal adalah putri Raja Spanyol Pedro III dan Ratu Constantia. Dia taat beragama dan mengikuti Misa setiap hari. Pada usia muda ia sudah dinikahkan dengan Raja Denis dari Portugal. Ia dikenal sebagai seorang mediator untuk perdamaian di kerajaan.

Setelah kematian suaminya, Elisabeth membagikan hartanya kepada orang miskin, meninggalkan istana, dan menjadi anggota Ordo ketiga Fransiskan, di biara yang ia dirikan di Coimbra.

966 total views, 5 views today

Bagikan Ke Temanmu Sekarang!

One thought on “Lima Ratu dan Putri Raja Ini Menjadi Orang Kudus

Leave a Reply

Top