Setelah Mengikuti Misa, Lebih Tepat Berdoa di Depan Patung Pieta atau di Gua Maria?

Berdoa di Depan Patung Pieta

Katolikline.com – Tiba-tiba seorang bertanya kepada saya setelah Misa. Lebih tepat berdoa di depan patung Pieta atau di depan gua Maria? Soalnya banyak orang yang berdoa di kedua tempat itu.

Sebetulnya, perihal berdoa adalah urusan masing-masing pribadi. Tidak ada ketentuan khusus untuk berdoa di depan gua Maria atau di depan patung Pieta. Apalagi pertanyaan itu bertujuan membandingkan, mana yang lebih bagus di antara keduanya.

Tidak ada yang lebih bagus di antara kedua tempat berdoa ini. Di gua Maria ya di sana pasti ada patung Bunda Maria. Di depan patung Pieta ya di situ juga ada sosok Bunda Maria.

Hanya saja perbedaannya, di gua Maria sering hanya patung Bunda Maria sendiri. Patung Bunda Maria yang biasa ditempatkan di Gua Maria biasanya mengikuti tradisi atau peristiwa iman tertentu. Misalnya patung Bunda Maria versi penampakan di Lourdes, de Fatima, dan lain-lain.

Sementara patung Pieta sudah pasti patung yang menggambarkan Maria memangku Yesus setelah Yesus diturunkan dari salib. Jadi nuansa kesedihan lebih kental pada patung Pieta ini.

Di beberapa gereja, patung Pieta sering ditempatkan di bagian belakang gereja, dekat pintu keluar.

Maka setelah mengikuti Misa umat sering mampir ke situ untuk menyalakan lilin dan berdoa. Tentu saja masing-masing yang berdoa di situ datang membawa ujud doanya masing-masing.

Bisa juga karena untuk praktisnya saja. Kalau patung Pieta dekat pintu keluar gereja sehingga lebih praktis: sekali jalan.

Sedangkan gua Maria biasanya terletak agak jauh dari akses utama jalan menuju pintu masuk gereja sehingga sebagian orang lebih memilih untuk berdoa di depan patung Pieta ketimbang gua Maria.

Tapi intinya adalah dimanapun kamu hendak berdoa, berdoalah. Patung apapun itu hanya sebagai simbol. Toh kita berdoa kepada ia yang disimbolkan oleh patung tersebut, bukan kepada patung.

Lebih dari itu perihal berdoa adalah perihal ungkapan hati, momen dimana kita ingin membangun komunikasi yang intim dengan Tuhan. Maka berdoalah dimanapun tempat yang membuat kamu aman dan nyaman untuk mengurai keluh kesah kamu di hadapan Tuhan.

576 total views, 1 views today

Bagikan Ke Temanmu Sekarang!

One thought on “Setelah Mengikuti Misa, Lebih Tepat Berdoa di Depan Patung Pieta atau di Gua Maria?

Leave a Reply

Top