Ini 4 Tradisi Natal Unik di Asia. Kamu Sudah Tahu?

tradisi natal unik di asia

Katolikline.com – Natal sebentar lagi tiba. Dekorasi Natal mulai dipersiapkan di gereja-gereja dan rumah umat. Sementara di pusat-pusat keramaian atau pusat perbelanjaan, pohon Natal dengan lampu warna-warni dan hiasan Natal sudah terpasang apik.

Perayaan Natal biasanya dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga, tukar kado, dan makan bersama. Namun ada juga negara-negara yang memiliki tradisi Natal unik, seperti 4 tradisi Natal unik di Asia ini:

1.Jepang

Tradisi makan bersama keluarga saat Hari Raya Natal menjadi tradisi yang lazim dilakukan di berbagai negara, termasuk dalam perayaan Natal di Jepang. Tapi bedanya, dalam tradisi Natal di Jepang menu makanan yang disantap adalah ayam goreng KFC.

2.India

Tradisi Natal unik di Asia yang lain ada di India. Jika selama ini pohon Natal identik dengan pohon cemara, tidak di India.

Saat Natal, umat Kristiani di India menghias pohon pisang atau pohon mangga sebagai pohon Natal mereka. Hiasan Natal yang digunakan mirip dengan hiasan Natal yang dijumpai di Indonesia.

3.Filipina

Tradisi Natal unik di Asia juga ada di negara Filipina. Sebelum perayaan Natal yang disebut Pasko, umat Katolik Filipina mengikuti novena sembilan hari.

Tradisi ini disebut tradisi Simbang Gabi (Pujian Malam). Tradisi ini sama dengan tradisi orang Spanyol yang disebut Misa de Gallo atau Misa Ayam Jantan.

Pada jam empat pagi, umat Katolik Filipina pergi ke gereja untuk mengikuti Simbang Gabi. Usai Misa, mereka sarapan bersama.

Tradisi Natal unik di Filipina yang lain adalah membuat parol. Parol merupakan lentera Natal, umumnya berbentuk seperti bintang yang dilengkapi bambu atau rotan yang dililit kertas atau plastik. Parol dipasang di jendela atau pintu.

4.Iran

Tradisi Natal unik di Asia juga ada di negara Iran. Umat Kristiani di Iran merayakan Natal dengan berpuasa dan tidak makan daging sejak 1 Desember.

Pada tanggal 25 Desember, umat Kristiani akan mengikuti perayaan Natal di gereja. Kemudian mereka pulang dan makan bersama. Hidangan yang disajikan berbahan ayam yang disebut harasa.

Keunikan tradisi Natal di Iran yang lain adalah tidak ada acara tukar kado. Hanya orangtua yang memberikan hadiah kepada anaknya.

Itulah tradisi Natal unik di sejumlah negara di Asia. Setiap negara memiliki tradisi dan keunikan masing-masing.

281 total views, 1 views today

Bagikan Ke Temanmu Sekarang!

Leave a Reply

Top